5 Tips Manajemen Waktu Menulis Agar Produktif

tips manajemen waktu menulis

Apa kabar para pejuang kata? Saya harap kita semua masih dalam motivasi yang prima. Pekerjaan menulis adalah pekerjaan yang menyita waktu. Berjam-jam dapat berlalu saat anda mulai menuliskan kata pertama anda hingga kata-kata itu menjadi ratusan, ribuan bahkan puluhan ribu. Sementara, sebagai manusia biasa, anda memiliki banyak tanggung jawab lain di luar itu. Oleh sebab itulah, anda perlu tahu tips manajemen waktu menulis anda agar tidak saling sikut dengan aktifitas lain.

Pertanyaannya, bagaimanakah cara yang baik dalam manajemen waktu bagi penulis?

Tips Manajemen Waktu Menulis

Barangkali anda telah menyelesaikan banyak tulisan, hanya saja anda tidak bisa menjamin tulisan tersebut akan laku di pasaran. Anda menghabiskan banyak waktu tapi pada akhirnya apa yang anda tulis miskin perhatian (apresiasi). Menulis itu juga butuh kalori; anda berpikir keras, duduk di suatu tempat dengan lama, jemari anda kerap letih. Jangan sampai semua pengorbanan anda menjadi sia-sia. Anda berhak tahu mengenai strategi menulis, yang salah satunya adalah manajemen waktu. Lalu, bagaimanakah manajemen waktu menulis yang baik itu?

Inilah 5 poin kunci yang harus kamu patuhi:

Saat menulis tugas anda hanya menulis, bukan yang lain

Poin pertama dalam manajemen waktu menulis adalah tulis saja semua yang anda pikirkan, jangan lakukan hal lain bahkan mengedit! Tulislah sebisa dan senyaman mungkin, ketika anda telah membuka sebuah tulisan anda wajib untuk menyelesaikannya. Jangan menjadi penulis yang tega, membiarkan tulisan terbengkalai begitu saja. Ketika anda telah selesai menulis dari awal sampai akhir barulah izinkan diri anda untuk melakukan hal lain seperti mengedit dan sebagainya.

Merampungkan perencanaan sebelum aksi

Hal apapun akan berjalan baik jika telah direncanakan secara matang sebelumnya. Sehingga merampungkan perencanaan mengenai tulisan anda sebelum memulai aksi adalah tips manajemen waktu menulis yang perlu anda lakukan. Sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu dalam membuat perencanaan ketimbang melakukan hasil perencanaan itu sendiri. Dengan merencanakan tulisan anda terlebih dahulu akan memperkecil waktu untuk melakukan revisi.

Cari waktu yang tepat dan jauhkan segala pengganggu

Jangan biarkan sesuatu mengganggu anda, ketika aktfitas menulis diinterupsi, anda mungkin akan kehilangan stabilitas yang sudah anda bangun sebelumnya. Hal buruknya adalah, anda lupa dengan apa yang ingin anda tulis. Saat anda menulis, buatlah kondisi kondusif sehingga anda bisa menulis dengan tenang. Sebagai contoh, anda bisa mematikan koneksi internet saat menulis, menjauhkan ponsel, menulis di tempat yang damai dan lainnya.

Jika memang mumet, jangan paksakan

Jangan memaksakan diri untuk menulis jika anda memang sedang available untuknya. Ibaratkanlah aktifitas menulis seperti bercengkrama dengan orang yang anda sayangi, sebutlah sebagai quality time anda dengannya, sehingga anda harus memberikan perhatian penuh. Agar quality time ini berjalan baik tentu anda harus menetralkan segala sesuatu yang mengganggu pikiran anda. Ketika benak anda masih dipenuhi oleh hal-hal lain jangan paksakan untuk menulis sebab anda hanya akan membuang waktu secara percuma. Pergilah menyegarkan diri dengan jalan-jalan atau bercengkrama dengan teman-teman.

Jika ada waktu luang, pelajarilah lebih banyak ilmu menulis

Ketika anda memiliki waktu luang dan anda tidak sedang menulis, pertimbangkanlah untuk belajar lebih jauh demi meningkatkan kemampuan menulis anda. Jika anda bersikukuh hanya dengan apa yang anda miliki saat ini, anda akan ketinggalan oleh penulis-penulis lainnya. Asah terus kemampuan anda dalam berliterasi. Caranya dengan mengikuti diskusi dengan orang-orang yang memiliki kegemaran yang sama, ikut pada pelatihan atau seminar atau belajar otodidak dari berbagai sumber.

Selain itu Anda juga bisa baca beberapa artikel kami lainnya di sini, pilih saja mana yang anda suka :

Itulah beberapa tips manajemen waktu menulis yang bisa anda terapkan. Sebagai penutup dari artikel ini, saya ingin mengajak anda untuk mencintai aktifitas menulis. Semakin anda mencintai menulis maka semakin anda memanfaatkan waktu berharga bersamanya. Anda tidak akan berpikir melewatkan sedetikpun tanpa manfaat. Anda akan berpikir bagaimana waktu anda bisa menjadi efektif. Lebih hebat lagi, semakin anda cinta dengan menulis maka semakin sering anda ingin “menemui”-nya. Oleh karena itu, mari manajemen waktu menulis kita dari hari ini dan ciptakanlah waktu berkualitas dengan aktifitas menulis itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *