Jenis-jenis Pantun Berdasarkan Isinya yang Perlu Diketahui

  • capaik 
jenis jenis pantun

Barangkali anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu karya sastra bernama pantun, apalagi jika anda lahir dan besar di daerah yang dalam adatnya orang suka berpantun, sebut saja Minangkabau, Melayu, Betawi dan sebagainya. Namun, apa sihi sebenarnya pengertian dari pantun dan apa saja jenis-jenis pantun itu?

Gampangnya, pantun adalah salah jenis karya sastra yang sangat populer di masyarakat. Bahkan, saking populernya ada suku tertentu yang dikenal suka berpantun–seperti yang sudah saya sebutkan tadi. Nah, ternyata pantun ini banyak jenis-jenisnya lho. Berikut kami ulas sebagai tambahan pengetahuan khazanah sastra anda.

Sebelum kita membahas mengenai macam-macam pantun ini, barangkali perlu untuk mengenal asal usul nama pantun. Pantun berasal dari kata patuntun dalam bahasa Minangkabau yang berarti “penuntun”. Mulanya pantun merupakan sastra lisan namun semakin hari pantun juga bisa dijumpai pada sastra tulisan.

Adapun ciri-ciri pantun secara umum adalah sebagai berikut:

Memiliki bait yang terdiri dari 4 larik
Setiap larik terdapat 8-12 suka kata
Memiliki rima (a-b-a-b) atau (a-a-a-a)
Baris pertama dan kedua adalah sampiran sedangkan baris ketiga dan keempat adalah isi

Jenis-jenis Pantun Berdasarkan Isinya

Pantun Nasehat
Pantun nasehat adalah pantun yang memiliki isi berupa nasehat atau ajakan kepada kebaikan. Bisa juga berisi teguran terhadap keburukan. Pantun nasehat bertujuan untuk membuat seseorang menjadi lebih baik. Jenis pantun ini mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pantun Jenaka
Pantun jenaka adalah pantun yang lucu dan menghibur. Jenis pantun ini dihadirkan sebagai candaan, namun terkadang juga digunakan dalam sindiran halus yang tidak membuat orang tersinggung. Dengan adanya pantun jenaka diharapkan dapat menambah riang suasana.

Pantun Muda
Pantun muda akan berkutat soal cinta. Salah satu macam pantun ini berisikan kata-kata pujian atau gombal terkait asmara dalam pergaulan anak muda.

Pantun Anak
Pantun anak berisikan pantun yang ditujukan khusus untuk anak-anak, isinya ringan dan berkisar seputar dunia anak. Meskipun demikian, pantun anak biasanya berisi amanat atau pesan yang sangat baik.

Pantun Agama
Pantun agama hampir sama dengan pantun nasehat hanya saja jenis pantun ini lebih khusus kepada ajaran agama tertentu yang berisi anjuran atau larangan dalam agama tersebut.

Pantun Adat
Pantun adat adalah pantun yang biasanya dibawakan oleh pemuka adat, atau orang lain dalam agenda yang bernuansa adat. Pantun adat terkait dengan daerah tertentu, sehingga hanya berlaku dalam daerah itu saja. Setiap daerah biasanya memiliki pantun adat mereka masing-masing.

Pantun Teka-teki
Pantun teka-teki adalah pantun yang berisi tebak-tebakan. Pantun ini memberikan pertanyaan dengan cara memainkan larik dan isinya. Jenis pantun menuntut jawaban dari pertanyaan yang diajukan.

Pantun Dagang
Pantun dagang merupakan pantun yang sering dibawakan oleh perantau yang mengundi nasib di tanah orang. Biasanya berisi kerinduang akan kampung halaman atau nasib yang menimpa si pelantun pantun yang tidak seberuntung temannya yang lain.

Pantun Kepahlawanan
Pantun kepahlawanan adalah jenis pantun yang berisikan semangat juang dan kalimat pendorongan gairah perjuangan dan sangat berkaitan dengan hal-hal berbau kepahlawanan.

Oh ya, selain pantun ada juga karya sastra berupa prosa yang disebut dengan cerpen, anda bisa membaca artikel tentang cerpen di sini : Jenis-jenis Cerpen Berdasarkan Panjang dan Aliran

Itulah beberapa jenis-jenis pantun berdasarkan isinya yang kerap kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Dari sekian macam pantun itu, pantun mana yang paling anda suka? Saya rasa ada di antara kita yang hobi dan bisa berpantun. Jika anda mempunyai hobi seperti itu, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *