Cara Menulis Judul yang Menarik Perhatian Pembaca

cara menulis judul tulisan

Sebelum kita masuk kepada cara menulis judul tulisan yang baik, saya ingin memberikan contoh tentang pilihan-pilihan judul mengenai “cara menurunkan berat badan”. Judul yang paling umum dari topik ini adalah:

Tips Menurunkan Berat Badan

Menurut anda apakah judul tersebut sudah menarik? Terlepas dari iya/tidaknya jawaban anda, saya ingin mengganti kata “tips” menjadi “rahasia”. Sehingga judulnya menjadi:

Rahasia Menurunkan Berat Badan

Dari dua judul di atas, manakah yang lebih menarik? Kita dapat menambahkan sesuatu pada judul tersebut agar lebih menarik lagi. Sekarang judulnya kita permak menjadi:

Rahasia Menurunkan Berat Badan dalam 7 Hari

Hmm, dari judul pertama, kedua dan ketiga manakah yang paling menarik?

Judul dari sebuah tulisan itu ibarat sales dari tulisan tersebut. Menulis itu seperti berdagang, agar dagangan anda laku maka anda harus menyiapkan sales yang cantik/ganteng dan rapi. Judul yang cantik akan menarik pembaca untuk membaca lebih lanjut tulisan anda. Judul yang cantik akan membuat calon pembaca tertarik untuk mengklik tulisan anda tatkala tulisan tersebut tersebar di dunia maya.

Cara menulis judul yang menarik perhatian

Sekarang kita akan coba membahas rahasianya.  Agar tulisan seorang penulis laku keras di pasaran maka memiliki kemampuan menulis saja belum cukup, ia juga harus hebat marketing. Dengan kemampuan marketing, seorang penulis dapat menjangkau lebih banyak orang lain untuk menjadi pembacanya.

Nah, upaya marketing atau pemasaran konten anda diawali dari penulisan judul. Mari kita bahas beberapa rahasia memoles judul agar menarik itu.

Pancing rasa penasaran pembaca

Rahasia menulis judul tulisan yang menarik pertama adalah memancing rasa penasaran pembaca. Judul tulisan yang memiliki unsur misterius akan membuat pembaca tertarik untuk membukanya. Hal inilah yang saya terapkan dalam contoh judul kita di atas. Kata “rahasia” adalah kata sakti untuk mengaduk-aduk rasa ingin tahu pembaca anda. Banyak diksi lainnya yang bisa anda gunakan dalam menulis sebuah judul yang bikin penasaran. Seperti contoh berikut ini: Tidak banyak yang tahu cara menurunkan berat badan ini

Menggunakan kata sifat

Cara menulis judul selanjutnya agar judul tulisan anda menjadi menarik adalah dengan menggunakan kata sifat. Penempatan kata sifat seperti: hebat, dahsyat, pintar, cerdik, cepat, jenius dan lainnya akan meningkatkan kualitas judul anda sehingga akan lebih menarik untuk dibaca. Contoh untuk penerapan ini adalah: Cara Dahsyat Menurunkan Berat Badan

Memberikan sebuah janji

Memberikan janji pada judul juga akan membuat judul tulisan anda menjadi lebih menarik. Janji penulis pada judul berlaku seperti sebuah garansi. Jika anda adalah seorang pembeli yang pintar maka sudah pasti anda akan lebih memilih barang dengan garansi daripada yang tidak. Sebagaimana analogi kita di awal bahwa menulis itu seperti berdagang maka kita juga bisa memberikan garansi pada tulisan kita melalui judul.

Pada contoh judul “Rahasia Menurunkan Berat Badan dalam 7 Hari” saya mencoba memberikan frasa “dalam 7 Hari” sebagai garansi atas judul saya. Contoh lain penggunaan tips ini adalah pemberian judul pada iklan berikut: Kursus Online Menulis Artikel Sampai Bisa.

Membubuhkan angka pada judul

Cara paling umum yang digunakan penulis dalam merangkai judul tulisan mereka adalah menggunakan angka. Anda tentu pernah melihat judul tulisan seperti: 7 Cara Cepat Mengerjakan Skripsi yang Tidak Kunjung Usai; 10 Resep Menulis Ini Akan Bantu Anda Jadi Penulis Hebat; serta judul-judul lainnya. Cara ini marak digunakan dalam penulisan judul konten, terutama konten digital pada sebuah portal berita atau blog.

Judul yang berisi larangan

Ada sebuah konsep dalam ilmu psikologi yang bernama reverse psychology atau psikologi terbalik. Sadar atau tidak, cara ini sudah sering digunakan dalam keseharian kita. Seperti seorang guru yang marah terhadap murid karena tidak mengumpulkan PR, sang guru berkata: Tidak usah kumpulkan PR, kan kamu sudah yakin nilai kamu bagus. Atau ibu yang marah karena anaknya doyan makan mie instan, sang ibu bilang: makan saja mie itu terus, kamu akan sehat dibuatnya. Nah, ilmu tersebut dapat anda gunakan dalam meramu judul tulisan anda agar menarik bagi pembaca. Sebagai contoh: Jangan Membaca Tulisan Ini, Jika Anda Belum Dewasa

Judul yang berisi kata tanya

Penggunaan kata tanya dalam judul juga cukup efektif untuk membuatnya menjadi menarik. Anda bisa mencoba menayakan sesuatu yang mungkin/tidak mungkin, pernah/tidak pernah, bisa/tidak bisa dilakukan oleh pembaca Anda. Contoh dari penulisan judul dengan kata tanya ini adalah: Ingatkah Kamu dengan Permainan Masa Kecil Ini?

Jika mungkin, isikan sebuah perintah di dalam judul anda

Rahasia menulis judul tulisan yang menarik ke-7 sekaligus yang terakhir adalah: berikan perintah kepada calon pembaca tulisan anda. Lho, memangnya calon pembaca mau diperintah? Bukannya justru akan membuat mereka enggan membaca? Hmm, sebenarnya itu relatif. Apa yang akan anda lakukan (atau orang lain lakukan) saat ia menemukan tulisan dengan judul “Cara Menjadi Juara Kelas” atau “Kamu Harus Baca Ini Jika Ingin Menjadi Juara Kelas”?

Tujuh cara menulis judul tulisan agar menarik di atas bisa kamu pakai dan kamu kombinasikan agar lebih menarik dan membuat penasaran, namun jangan berlebihan. Usahakan judul anda tidak pendek dan tidak terlalu panjang. Judul yang baik untuk sebuah karya nonfiksi maksimal 7-8 kata atau 70 karakter, tidak disarankan lebih daripada itu.

Kapan anda harus memberikan judul pada sebuah tulisan

Sebagai bonus dalam tulisan ini, saya akan coba membahas mengenai waktu yang tepat untuk memberi judul terhadap sebuah tulisan. Ada dua cara untuk hal ini: sebelum menulis dan sesudah menulis. Sebagian orang cenderung memilih judul terlebih dahulu sebelum mulai menulis isi tulisannya, namun sebagian yang lain justru menyelesaikan tulisan terlebih dahulu baru kemudian memberi judulnya. Lantas, manakah yang lebih baik? Jawabannya adalah tergantung penulisnya. Manakah dari kedua cara tersebut yang nyaman bagi anda.

Memutuskan judul sebelum memulai tulisan akan memudahkan anda mengontrol tulisan anda. Judul akan memandu anda fokus pada satu pembahasan tertentu tanpa merembes pada pembahasan lain. Namun nyatanya tidak semua orang yang bisa menuliskan judul lebih dahulu.

Pilihan lain adalah menulis judul setelah merampungkan tulisan, anda dapat meramu judul yang mewakili keseluruhan isi dari tulisan anda. Anda dapat memetik sub judul yang menarik sebagai judul utama tulisan anda. Maka daripada anda kehabisan waktu memikirkan judul, kenapa tidak menulis saja lebih dahulu, setelahnya baru meramu judul untuk tulisan itu. Semuanya terserah kepada anda.

Yang terpenting adalah anda mampu merampungkan tulisan anda dan mempublikasikannya kepada khalayak ramai. Jika anda masih kesulitan untuk menulis artikel, artikel kami ini dapat membantu anda : Cara Menulis Artikel dengan Baik dari Nol Hingga Selesai. Setelah tulisan anda selesai, biarkan pembaca menilai apakah tulisan tersebut mampu membantu mereka atau tidak. Seperti saya yang membiarkan anda menilai artikel yang telah anda baca ini, bagaimana penilaian anda? Beritahu saya melalui kolom komentar.

25 thoughts on “Cara Menulis Judul yang Menarik Perhatian Pembaca”

  1. Ini dia Informasi yang sangat berguna apalagi seperti saya yang penulis pemula membuat judul saja agak sulit atau bahkan tidak singkron antara judul dan isi.

  2. Wah tipsnya bagus banget buat penulis pemula. Eh tapi bagus juga loh buat penulis bangkotan kayak saya, buat mengingatkan kembali, kadang lupa, hehehe…

  3. Hendra Suhendra

    Nah betul bingit ini, biar tulisan kita banyak yang baca, judul artikel harus dibuat semenarik mungkin, tentu saja harus sesuai dengan isi tulisan. Kadang suka kesel sama judul berita yang heboh, tapi isi tulisannya biasa aja. Ini tulisan sekelas wartawan, tapi kualitasnya zonk.. Cuma mentingin klik bait. Pengen rasanya ta sleding

  4. kayanya artikel ini harus saya simpen deh soalnya penting banget buat saya yang pemula dalam dunia blogger hihi. Saya juga baru tau ada teknik dalam penulisan dan penentuan judul, makasih ya tipsnya

  5. Mutia Ramadhani

    Ini adalah materi awal pelatihan saya waktu masih jadi calon reporter di salah satu media nasional dulu. Hehehe. Judul menarik, namun tetap apik, tanpa berniat menipu pembaca tentunya ya mas. Bagus tipsnya.

  6. Terimakasih tipsnya
    Judul emang sangat menentukan
    Saya sering kali karena judul jd baca dan ternyata ga sesuai atau jd salah tebak haha

  7. Irsyadmuhammad.com

    Kalau saya lebih sering kasih judul diawal mas, tujuannya supaya isi tulisannya tetap fokus dan nggk melebar aja sih. Tp setelah tulisan jd, nggk masalah judulnya diubah dan disesuaikan lebih tepat lg. Memang sih buat judul itu susah2 gampang bagi saya, terutama buat judul yang singkat padat dan menarik, masih harus jd PR

  8. Judul bombastis memang menarik perhatian pembaca ya. Tapi juga harus diimbangi dengan isinya supaya nggak jadi kayak click bait.

  9. Aku tim yang bikin tulisan dulu baru judul..
    Bagiku menentukan judul adalah sesuatu yg susah hahahah
    Kadang sampe nulis 3-4 untuk dipilih wkwk

  10. Infonya berdaging banget kak, aku kadang bingung menulis judul yanv bisa menarik perhatian pembaca. Ku praktekan kak tapi pelan2 euyy biar mudeng hahah. Pantesan juara teroooss kak dokter.

  11. Cara menulis judul yg menarik ini ternyata bisa ya dipelajari tapi sekarang bnyk penulis yg bikin judul tulisan klik bait kak..judulnya apa isi tulisannya apa ga nyambung gitu deh nyebelin banget kan..kyknya si penulis ga mau capek mikir kalo kayak gitu ya ..

  12. Rini Novita Sari

    Mikir judul buatku sendiri cukup lama. 1 judul biasanya melalui proses gonta ganti idee mulu. Mkanya skrg pun aku nulis dulu baru nentuin judulny apa mas haha

  13. jadi inget dulu masih di UC News belajar banget bikin judul yang buat penasaran haha. Dan editornya suka ngasih beberapa pilihan judul dan dari situ belajar bikin judul yang kece. makasih ilmunyaa.

  14. Saya tipe penulis yang menulis dulu baru buat judul, hehe.. Awalnya udah buat judul, tapi abis nulis pasti ada penyesuaian lagi. Makasi tips judulnya.

  15. Terima kasih banyak tipsnya Kak manfaat banget nih. Membuat judul itu Emang susah-harus menarik gampang ya, yang menambahkan angka itu akan mulai dipraktikan ah, ..

  16. Tips yang sangat menarik buat saya yg masih belajar untuk membuat tulisan.

    Tp anehnya banyak media yg malah antara judul dengan tulisan isinya berbeda. Dan itu sangat menipu pembaca.

  17. Keren nih artikelnya, apalagi ntar kl ada judul postingan “Rahasia Menang Lomba Blog” hmmm pasti langsung jd idola banyak bloger deh hehe

  18. Menulis judul yang menarik, tetapi tidak click bait, memang tantangan sendiri. Apalagi kalau kemudian masih buat mikir ntar SEO-nya bagaimana…

    Tetapi, semakin banyak membaca blog lain dan mencoba sendiri, lama kelamaan akan nemu sih celahnya. Btw, aku sendiri pun masih sering ragu dengan pilihan judulku.

  19. https://www.CobaGeh.com

    Ternyata menentukan sebuah judul yang menarik dan bisa mengundang pengunjung benar benar harus terkonsep.

    Selama ini aku buat judul sepertinya asal asalan. Bahkan sering setelah dipublish baru sadar kalo judulnya kurang menarik.

  20. Jadi tahu triknya nih, makasih ya. Kalau angka Uda pernah dapat ilmunya yang lainnya ternyata banyak ya?
    Bismillah praktekkin!

  21. Jadi tau rahasianya bikin judul yang menarik minat pembaca. Judul yang menarik penting banget, yaa. Biar pembaca tertarik untuk nge-klik dan meMbaca sampai akhir.

  22. Qoty Intan Zulnida

    Aku nih masih sering kebingungan ngasih judul. Kayaknya artikel-artikel yang udah aku tulis judulnya kok kurang menarik gitu yaaa…. Sering banget aku Gonta ganti judul. Dan emang aku pun biasanya nulis dulu sampai selesai, baru deh ngasih judul… Makasih ya tipsnya. Aku belajar banyak mengenai judul dari ulasan ini

  23. Aku sampai sekarang masih sering kesulitan kalau pas bikin judul. Baca tips ini jadi terbantu banget nih. Terima kasih ya udah kasih tau cara menulis judul untuk tulisan ini

  24. Menurutku juga dalam pembuatan judul artikel memang harus berpengetahuan luwes tentang berbagai sinonim kata, agar kata yang kita buat lebih unik daripada judul yang sudah banyak menyebar di Internet.

  25. NgopiSantai.com

    seringkali judul membuat penasaran calon readernya.. judul yang menarik disertai isi atikel yang menarik, akan membuat pembaca jadi betah… monggo mampir ke blog saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *