Cara Mencari Ide Tulisan yang Wajib Anda Ketahui

  • capaik 
cara mencari ide tulisan

Sebelum menulis tentu kita harus mencari sebuah ide tulisan. Semakin bagus ide yang anda temukan maka semakin bagus tulisan yang akan anda hasilkan. Namun, bagaimana cara mencari ide tulisan yang bagus itu?

Sebagai seorang penulis anda harus menguasai hal ini karena sejatinya menulis adalah menyampaikan ide atau gagasan yang kita punya kepada orang lain.

Sebelum kita membahas mengenai cara menemukan ide ini, baiknya kita bahas terlebih dahulu tentang bagaimana ide yang bagus itu.ide-menulis

Karakteristik dari ide tulisan yang bagus

Sekarang kita akan merumuskan bagaimana karakteristik atau sifat dari suatu ide hingga ia bisa dikatakan bagus. Sifat-sifat tersebut adalah sebagai berikut:

Belum pernah atau masih jarang dibahas

Ide yang bagus adalah ide yang belum pernah atau masih sering dibahas sebelumnya. Alasan saya meletakkan ini sebagai sifat pertama adalah karena menulis adalah proses transfer ilmu.

Akan lebih baik jika ilmu yang dibagi adalah ilmu yang belum pernah ada atau belum banyak dibahas sebelumnya. Sebagaimana dalam penulisan jurnal ilmiah, syarat mutlak yang harus dipenuhi agar jurnal anda diterima dan dipublikasikan adalah: jurnal tersebut memiliki novelti. Novelti di sini berarti kebaruan. Hal yang baru dari yang pernah ada sebelumnya.

Mampu memberi solusi

Ide tulisan kita sebaiknya mampu memberi solusi kepada pembacanya.

Setiap pembaca selalu memiliki harapan, harapan yang ia bawa sebelum membaca sebuah karya tulis. Misalnya ia akan membaca sebuah esai mengenai dampak internet kepada remaja. Bisa jadi sang pembaca tadi ingin mencari materi untuk tugasnya atau berusaha agar menggunakan internet dengan sebaik mungkin. Selain membahas sebuah (atau lebih) masalah dalam tulisan anda, jangan lupa tawarkan solusi setelah itu.

Sesuatu yang banyak dicari

Tujuan kita membuat sebuah tulisan tentunya agar tulisan tersebut dibaca oleh banyak orang. Untuk memenuhi tujuan tersebut maka sudah sewajarnyalah kita menulis mengenai hal yang banyak dicari. Bukan berarti anda dilarang menulis dengan ide yang “asing”, hal ini semata untuk memperbesar manfaat yang dapat dihasilkan oleh tulisan yang sudah anda buat.

Tidak bersinggungan dengan hal sensitif

Ide yang bagus adalah ide yang tidak bersinggungan dengan hal-hal sensitif. Hal seperti isu Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA) atau isu-isu lain yang bisa memunculkan konflik. Seorang penulis bertanggung jawab penuh terhadap apa yang ia tulis. Seorang penulis bahkan bisa dipidana karena tulisannya. Oleh karena itu anda perlu selektif dalam memilih ide.

Unik

Untuk menjadi terbaik mengharuskan anda mengalahkan semua orang dan berdiri di puncak, hal itu sangat sulit dan butuh usaha yang sangat-sangat berat. Namun, untuk menjadi unik anda hanya perlu menjadi berbeda.

Hebatnya “unik” ini, ia mampu membuat anda dapat dengan mudah diingat banyak orang. Keunikan dapat menjadi ciri khas anda sebagai penulis. Agus Mulyadi adalah salah satu penulis yang mempunyai keunikan tersendiri.

Akan sangat bagus apabila ide anda bisa memenuhi 5 sifat di atas, namun dengan memenuhi 2 saja sudah cukup untuk mengantarkan tulisan anda menjadi tulisan yang bagus. Karena kita sudah membahas mengenai bagaimana ide tulisan yang bagus selanjutnya kita bahas bagaimana cara menemukan ide untuk sebuah tulisan.

Cara mencari ide tulisan

Menemukan sebuah ide tulisan itu susah-susah gampang. Susahnya itu ketika dipikirkan ia sulit ditemukan, dan gampangnya itu saat tiba-tiba ia muncul begitu saja. Oleh karenanya anda perlu menangkapnya apabila ia mengunjungi anda.

Catatlah setiap kali ia muncul, boleh di buku catatan, di ponsel atau di media apapun. Ide bagus terkadang tidak datang 2 kali, saat ide bagus itu mendatangi anda sambutlah ia dengan baik sebelum ia berlalu dan datang kepada orang lain.

Berikut cara mencari ide bagi tulisan anda.

Banyak-banyak membaca

Sebagaimana yang saya ulas dalam tulisan sebelumnya mengenai 10 kiat menjadi penulis hebat, banyak membaca adalah suatu kewajiban bagi seorang penulis. Jangan bermimpi menjadi penulis hebat jika anda malas membaca. Membaca dapat memperkaya wawasan anda, selain itu anda juga dapat menemukan ide dari kegiatan membaca itu. Ketika anda membaca sebuah esai misalnya, anda bisa mencari tahu apa kelemahan dari esai itu. Apa yang luput dari pandangan penulis sehingga anda dapat menyempurnakan itu. Catatlah setiap ide yang mendatangi anda.

Jalan-jalan

Saat sedang jalan-jalan ke luar rumah, saat itu ide juga dapat mendatangi anda. Di luar rumah anda akan melihat banyak orang, banyak fenomena. Fenomena-fenomena yang dapat anda jadikan ide untuk sebuah tulisan. Saat anda kesulitan menemukan sebuah ide maka cobalah pergi keluar rumah, selain menyegarkan kembali pikiran, anda juga memiliki peluang menemukan ide yang banyak untuk anda gunakan dalam tulisan anda.

Menonton

Menonton televisi, film bahkan pasangan suami istri di rumah tetangga yang bertengkar dapat memberikan “ilham” bagi anda. Amatilah setiap cuplikan dalam televisi/film/peristiwa pertengkaran tersebut. Seperti pada pertengkaran pasutri tadi misalnya. Ada beberapa ide yang dapat anda kumpulkan, seperti:

  • Cara menghindari pertengkaran dalam rumah tangga
  • Tips agar rumah tangga anda dapat terhindar dari percekcokan
  • Cara bertengkar yang baik dan benar
  • Dan lainnya

Bertanya kepada orang lain

“Bro, ada ide buat tulisan kagak?”, “Mbak, minta idemu satu dong”, “Dek, kira-kira apa ya yang menarik ditulis sekarang ini?”. Ya, bertanya kepada orang lain adalah salah satu cara menemukan ide (saat anda kesulitan menemukannya sendiri). Tidak perlu malu, karena bertanya bukan sebuah kesalahan atau dosa. Hanya saja, jika tidak diberikan, mohon jangan memaksa. Jika anda butuh bantuan, tanyakan saja pada kotak komentar, akan saya layani 🙂

Nah, mencari ide itu tidak sulit bukan? Hal apapun yang anda lakukan dalam kehidupan sehari-sehari bisa menjadi sumber ide anda. Anda hanya perlu sedikit jeli untuk menemukannya. Terkadang ia tidak tampak secara kasat mata, melainkan tertimbun di antara tumpukan berkas, tersembunyi di balik pintu, bahkan berada di mulut kucing di rumah anda. Ide itu ada di mana-mana!

Saat anda telah memiliki banyak ide

Sekarang, kita asumsikan, anda sudah memiliki banyak ide, lantas bagaimana selanjutnya? Hal yang perlu anda lakukan adalah melakukan sortasi. Kumpulkan ide sejenis atau hampir sama, kelompokkan berdasarkan tema, buat skala prioritas. Jangan buang ide-ide yang menurut anda tidak menarik, simpanlah mereka karena suatu hari anda akan membutuhkannya. Dengan sentuhan manis ide apapun dapat menjadi menarik.

Jadi apa ide anda? Jika anda sudah menemukannya, mulailah menulis! Tapi tunggu dulu, anda tidak boleh melewatkan artikel kami berikut ini : Cara Menulis Artikel dengan Baik dari Nol Hingga Selesai

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *